K.D 6 Menganalisis kebutuhan beban Bandwith Jaringan

K.D 6 Kebutuhan Bandwidth Dalam Jaringan  


1.    Pengertian Bandwidth
Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps) , antara server dan client dalam waktu tertentu. Bandwith dapat didefinisikan sebagai kapasitas luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam media transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwith yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth yaitu untuk mengitung transaksi data.




Bandwidth terbagi menjadi 2, yaitu :

      a)   Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume sutu data (dalam satuan per detik (bps)) yang dapat dikirimkan melaui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

      b)  Bandwidth Analog adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (Hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.



2.    Kebutuhan Bandwidth dalam Jaringan

Agar penggunaan bandwidth dalam jaringan lebih efektif, klien harus mengetahui kebutuhan layanan untuk dirinya, sehingga dapat menghitung atau mempekirakan total bandwidth yang dibutuhkan. Semakin besar bandwidth yang digunakan semakin besar juga pembayaran bulanan pada ISP.

3 Pengertian throughtput
Throughtput tidak mungkin lebih besar dari bandwidth yang ditentukan, tetapi bisa lebih tetapi bisa lebih. Throughtput identik dengan bandwidth yang sebenarnya(aktual)
Contohnya sebuah jaringan memiliki bandwidth 128 kbps, dan mendownload
File berukuran 200 KB.Secara teori, saya akan sampai ke komputer Hanya dengan waktu 200 dibagi 128 = 1,5625 detik.Akan tetapi yang terjadi hal tersebut sampai ke komputer dalam waktu 5 detik, dengan demikian benua yg sebenarnya adalah :200kb/5 detik =40 kbps. Beberapa faktor yang memengaruhi besar kecilnya throughtput pada saat mengirim dan menerima data lewat jaringan internet sebagai berikut:

a. Kualitas jaringan
Jaringan ISP yang digunakan adalah wireless, pada umumnya akan lebih sering trouble karena rawan terhadap gangguan sinyal dari perangkat lain (interferesi) serta gangguan alam yang menyebabkan sinyal yang lemah seperti terhalang pohon, gunung, gedung,hujan, dan lain lain.


b. Jam sibuk
Ketika semua user aktif maka paket data menjadi Andre dan bisa mendapat lebih dari yang ditentukan pada saat sedikit user yang aktif.


c. Malware
Mawar bisa membelokkan traffic atau mengubah Ruteng ke jaringan Malware yang bersangkutan, sehingga perangkat komputer terasa lambat jika digunakan untuk mengakses internet.


d. Kecepatan uplink

Server yang digunakan website besar selalu mengalokasikan uplink yang besar.

4. Kebutuhan bandwidth dalam jaringan
Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi throughtput, diantaranya:
-topologi jaringan yang digunakan
-perangkat jaringan yang digunakan
-tipe data yang ditransfer
-jumlah pengguna jaringan
- spesifikasi Komputer klien atau user
- spesifikasi komputer server
-induksi listrik maupun cuaca cuaca

5.  Analisis Kebutuhan Bandwidth
Contoh menganalisis kebutuhan bandwidth di sekolahan :
Penggunaan internet di sekolahan banyak digunakan untuk layanan web atau browsing. Layanan web membutuhkan bandwith minimal 128 kbps. Kalau di sekolah tersebut terdapat 2 Lab komputer masing-masing ruangan terdapat 40 komputer (40 x 2 = 80 komputer). Jadi, kebutuhan bandwith adalah 128 kbps x 80 = 10240 kbps atau 10 mbps.
6. CARA SETTING MANAGEMENT BANDWITH DI MIKROTIK
Untuk setting bandwidth di mikrotik, pertama-tama buka winbox nya maka akan muncul tampilan seperti ini :
q1
Lalu, pilih menu Queues, maka akan muncul tampilan berikut :
q2
Sebelum memulai membatasi Bandwidth internet dengan mikrotik, pastikan Kapasitas Bandwidth Internet yang didapat dari ISP yang digunakan. Agar nilai Bandwidth yang dilimit tidak melebihi alokasi Bandwidth dari ISP. Misalnya bandwidth dari ISP sebesar 1 Mbps, maka limit bandwidth nya diset lebih kecil atau sama dengan 1 Mbps.
Untuk menambahkan Simple Queue baru klik tombol +, maka akan muncul tampilan seperti berikut :
q3
  • Pada tab General ada beberapa pilihan yang dapat disetting dimana hal yang perlu diperhatikan pada opsi Target Address dan Max Limit.
  • Pada tab Advanced hal yang perlu diperhatikan pada opsi Interface dan Limit At.
  1. Packet Mark : untuk menandai paket yang sudah ditandai di /ip firewall mangle.
  1. Priority(1 s/d 8) : untuk memprioritaskan child queue dari child queue lainnya. Priority tidak bekerja pada induk queue. Child Queue yang mempunyai priority satu (1) akan mencapai limit-at lebih dulu dari pada child queue yang berpriority (2).
  1. Queue Type : untuk memilih type queue yang bisa dibuat secara khusus dibagian queue types.
Iklan   => 512 Kb yang perkirakan bisa dikirim 1 detik dengan ukuran bandwidth, namun                                       kenyataannya Throughput bisa 4 detik, jadi nilai throughputnya adalah bandwidth                                512Kb   / 4 detik = 128 Kb / detik.
   7.dalam melakukan setting bandwith saat pertama kali, kita harus membuka tampilan?
     => winbox
   8. mengapa Sebelum memulai membatasi Bandwidth internet dengan mikrotik, kita harus                        pastikan Kapasitas Bandwidth Internet yang didapat dari ISP yang digunakan?
     =>

     =>Agar nilai Bandwidth yang dilimit tidak melebihi alokasi Bandwidth dari ISP. 
Target Address : Isi dari Target Address dengan IP address tertentu yang ingin dilimit Bandwidth nya, misal 192.168.100.0/24. Dari gambar di atas bisa dilihat untuk Target Address kosong, itu berarti konfigurasi limit Bandwidth ini berlaku untuk semua alamat IP.
Max Limit adalah alokasi bandwidth maksimal yang bisa didapatkan user, dan biasanya akan didapatkan user jika ada alokasi bandwidth yang tidak digunakan lagi oleh user lain. Lalu, centang Target Upload dan Target Download untuk mengaktifkan fitur ini dan pilih besar Bandwidth yang ingin dilimit pada Max Limit, misalnya :  upload : 256kbps download : 1Mbps. Besar limit Bandwidth untuk upload lebih rendah daripada download nya karena memang user biasanya lebih banyak melakukan download (browsing, download musik, file, dll) daripada upload.
Untuk menentukan waktu kapan dan berapa lama Simple Queue ini akan mulai berjalan dengan memilih opsi Time.
q5
Interface : Pilih interface mana yang ingin dibatasi bandwidthnya, misalnya interface Wlan1 untuk membatasi koneksi internet via wireless. Jika ingin membatasi bandwidth di semua Interface pilih all.
Limit At : untuk alokasi bandwidth terendah yang bisa didapatkan oleh user jika traffic jaringan sangat sibuk. Seburuk apapun keadaan jaringan, user tidak akan mendapat alokasi bandwidth dibawah nilai Limit At ini. Nilainya dapat diisi berapa saja, misalnya diisi upload : 128 kbps download : 512 kbps.
Dari konfigurasi tersebut, maka hasilnya jika semua user sedang memakai koneksi internet dan kondisi jaringan sibuk maka tiap user akan mendapatkan bandwidth sebesar 128kbps/512kbps. Jika satu atau beberapa user tidak sedang menggunakan koneksi maka alokasi bandwidth akan diberikan ke user yang sedang terkoneksi. Dan jika hanya satu user yang menggunakan koneksi maka user itu akan mendapatkan alokasi bandwidth maksimal 256kbps/1Mbps.
Untuk menambahkan Queue Tree baru klik tombol +, maka akan muncul tampilan seperti berikut :
qt1
qt2
1. Parent : untuk menentukan apakah queue yang dipilih bertugas sebagai child queue.
Ada beberapa pilihan default di parent queue tree yang biasanya digunakan untuk induk queue, yaitu :
– Global-in :
Mewakili semua input interface yaitu interface yang menerima input data atau traffic sebelum difilter seperti traffic upload.
– Global-out :
Mewakili semua output interface, dimana interface yang mengeluarkan output data atau traffic yang sudah difilter seperti traffic download.
– Global-total :
Mewakili semua input dan output interface secara bersama, yang merupakan penyatuan dari global-in dan global-out.
– <interface name>: ex: lan atau wan :
Mewakili salah satu interface keluar, dimana hanya traffic yang keluar dari interface ini yang akan diqueue.
– Limit At : Bandwidth minimal yang diperoleh oleh target /IP yang di queue.
– Max Limit : Bandwidth maksimal yang bisa dicapai oleh target /IP yang di queue.
– Burst limit : Bandwidth maksimal yang bisa dicapai oleh target /IP yang di queue ketika burst sedang aktif.
– Burst time : Periode waktu dalam detik, dimana data Rate rata-rata dikalkulasikan.
– Burst Threshold : Digunakan ketika data Rate dibawah nilai burst threshold maka burst diperbolehkan. Untuk mengoptimalkan burst nilai burst threshold harus diatas nilai Limit At dan dibawah nilai Max Limit.
Lalu, Klik ok untuk menambahkan Queue tree tersebut, sehingga akan muncul di queue list.

CONTOH SOAL
1. Apa yang dimaksud dengan bandwidth?
=> Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per detik atau                  yang biasanya disebut dengan bit per second (bps) , antara server dan client dalam waktu                    tertentu. Bandwith dapat didefinisikan sebagai kapasitas luas atau lebar cakupan frekuensi                  yang dipakai oleh sinyal dalam media transmisi.
2. kenapa Sebelum memulai membatasi Bandwidth internet dengan mikrotik, kita harus pastikan             Kapasitas Bandwidth Internet yang didapat dari ISP yang digunakan?

=>  Agar nilai Bandwidth yang dilimit tidak melebihi alokasi Bandwidth dari ISP. 

3.apa yang dimaksud troughtput?
=>Throughtput tidak mungkin lebih besar dari bandwidth yang ditentukan, tetapi bisa lebih                                tetapi bisa lebih. Throughtput identik dengan bandwidth yang sebenarnya(aktual)

4.analisis lah kebutuhan bandwidth yang ada disekolahmu!
=> Penggunaan internet di sekolahan banyak digunakan untuk layanan web atau browsing.                        Layanan web membutuhkan bandwith minimal 128 kbps. Kalau di sekolah tersebut terdapat 2            Lab komputer masing-masing ruangan terdapat 40 komputer (40 x 2 = 80 komputer). Jadi,                  kebutuhan bandwith adalah 128 kbps x 80 = 10240 kbps atau 10 mbps.
5. 512kb yang perkiraan bisa dikirim 1 detik dengan ukuran bandwidth, namun kenyataannta                             Throughtput bisa 4 detik, jadi nilai Throughtput-nya?
=> 512 Kb yang perkirakan bisa dikirim 1 detik dengan ukuran bandwidth, namun kenyataannya               Throughput bisa 4 detik, jadi nilai throughputnya adalah bandwidth 512 Kb / 4 detik = 128 Kb /          detik.
6. Tampilan yang pertama kali kita buka pada saat melakukan setting bandwitch pada mikrotik                 adalah?
      A. Winbox
           B. Mikrotik
           C. Queues
           D. ISP
           E. Throughput
7. sebutkan jenis jenis bandwidth?
       A.Digital dan Frekuensi
       B.Analog dan  ISP
       C.Digital dan Througput
       D. Digital dan Analog
       E.Analog dan Frekuensi 
8.sebutkan faktor yang mempengaruhi besar kecilnya troughtput?
    AJam kerja
    BKualitas jaringan
    C. Virus Malware
    D. Kecepatan data
    E. Bandwith
9. apa tugas dari parent?
    A.untuk memilih type queue yang bisa dibuat secara khusus dibagian queue types.
    B. untuk menandai paket yang sudah ditandai di /ip firewall mangle.
    C. untuk menentukan apakah queue yang dipilih bertugas sebagai child queue.
    D.untuk memprioritaskan child queue dari child queue lainnya.
    E.digunakan ketika data Rate dibawah nilai burst threshold maka burst diperbolehkan. 
10. sebutakan  default yang ada di parent queue tree ?
     A.Log in
     B.Log out
     C.Global At
     D.Global Limit
          E. Global Total

Komentar

Postingan Populer