K.D 9 Memahami Bagan dan Konsep Kerja PBX pada Server Softswitch

K.D 9 Bagan dan Konsep Kerja PBX pada Server Softswitch 


Hasil gambar untuk Bagan dan Konsep Kerja PBX pada Server Softswitch



Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan dari private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. 

Sejarah 

Istilah PBX pertama kali diterapkan ketika pergantian jaringan ke operator dalam perusahaan dilakukan. Secara otomatis, sistem pergantian elektromekanis dan beralih ke elektronik menggantikan sistem manual, PABX (private automatic branch exchange) dan PMBX (private manual branch exchange) yang digunakan untuk membedakan keduanya dengan sistem PBX. PMBX merupakan sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya melalui operator.sedangkan,PABX merupakan sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya tanpa melalui operator.
Sekarang ini istilah PBX sudah dikenal luas. Istilah PBX sudah digunakan untuk menggambarkan layanan telepon, seperti pergantian telepon sistem in-house, baik untuk cakupan privat area, penyebaran yang lebih luas, ataupun pertukaran jaringan telepon lainnya.
Sejak tahun 1990-an, terdapat dua perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya jenis baru sistem PBX. Salah satu perkembangan tersebut adalah besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman publik mengenai packet switching. 
Perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan untuk data saja, perkembangannya perusahaan juga membutuhkan ketersediaan internet sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon. 
PBX kemudian muncul dan melahirkan VoIP PBX yang menjadikan komunikasi semakin menarik. Secara teknis, PBX dan VoIP PBX bukanlah sistem berbeda. Cakupan PBX yang begitu luas, kadang sulit untuk dipahami. VoIP PBX merupakan sistem layanan khusus dalam jaringan telepon.
Faktor lainnya yang turut melahirkan sistem PBX adalah ide fokus pada kompetensi inti. Layanan PBX cenderung sulit untuk mengatur perusahaan-perusahaan kecil karena tidak ada kompetensi inti dalam penanganan telepon di dalam perusahaan tersebut. Pertimbangan ini memunculkan konsep host PBX. 
Dalam host setup, PBX berada dan dikelola oleh pusat penyedia layanan telepon, serta segala fitur dan panggilan telepon dikirim melalui internet. Pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan, dibandingkan harus membeli dan memelihara perangkat keras PBX yang begitu mahal. Dengan kata lain, sistem layanan telepon dipindah dari privat menjadi Central Office.

Proses Kerja PBX Server Softswitch 




       Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. 
     Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. 
     IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

    keuntungan utama dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal; dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular. 



SOAL ESSAY 

     

    1. Apa itu PBX ?

    2. PBX digunakan untuk apa ?

    3. Kelemahan PBX ?

    4. tuliskan cara kerja PBX menurut anda ?

    5. Keuntungan dari PBX ?
  JAWABAN
  1. adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. 
  2. melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan.
  3. Mahal dalam pembelian perangkat.
  4.  Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. 
  5. penghematan biaya pada panggilan telepon internal; dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular.
      
     6.PBX digunakan untuk .......
          A.  untuk menggambarkan layanan telepon.
          B. penyebaran Telepon.
          C. pertukaran Telepon.
          D. Pergantian area.
          E. Menghubungkan Telepon.
     7.pada tahun berapa PBX terdapat dua perkembangan signifikan ......
          A. 1999
          B. 1998
          C. 1991
          D. 1990
          E. 1992
    8.fungsi dari PBX IP server ......
          A.  ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX dan mendaftar ke client.
          B. client membuat daftra panggilan dan menerima panggilan.
          C. membuat data PBX  IP,dan menerima panggilan.
          D. Client SIP,mendaftar ke client,dan menerima panggilan.
          E. klien SIP, mendaftar ke server IP PBX,dan  ingin membuat panggilan mereka-                         meminta IP PBX
    9.kependekan dari PABX ......
           A. private autenthication branch excel.
           B. private automatic balance excel.
           C. private automatic branch exchange.
           D. file automatic branch exchange.
           E. file autenthication branch exchange.
   10. Apa itu PMBX ......
           A.  Sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya tanpa melalui operator.
           B.  Sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya melalui operator
           C.  sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya bisa melalui operator dan                           telepon
           D.  sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya melalui telepon.
           E.  sistem hubungan telepon yang pengoperasiannya tanpa melalui telepon.




      Komentar

      Postingan Populer