Struktur Kabel Fiber Optik

Struktur Kabel Fiber Optik




Secara umum komponen atau bagian dari kabel fiber optic adalah sebagai berikut :
  1. Core (Inti Kabel)

Core merupakan bagian utama kabel yang berada tepat di tengah-tengah kabel pada fiber optik yang berbentuk sebuah batang silinder dan terbuat dari bahan dielektrik atau serat kaca. Core inti kabel ini  memiliki diameter antara 3 – 200 µm. Ukuran core sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kemampuan dari sebuah kabel fiber optik.
Fungsi core yaitu sebagai tempat berlangsungnya penyaluran cahaya dari satu ujung ke ujung lainnya.
  1. Cladding ( Selubung)

Cladding yaitu lapisan yang menyelubungi core pada kabel fiber optik. Cladding memiliki diameter antara 5 µm – 250 µm dan terbuat dari serat kaca. Namun indeks bias pada cladding lebih kecil dari pada indeks bias core.
Fungsi cladding adalah sebagai pelindung core serta menjadi cermin yang memantulkan cahaya agar dapat merambat ke dalam core serta optik.
  1. Coating (Pelindung)

Coating adalah bagian luar setelah caldding yang terbuat dari bahan plastik elastis (PVC) untuk melindungi serat optik dari tekanan luar. Coating mempunyai warna yang bervariasi untuk memudahkan dalam penyusunan urutan core.
Fungsi coating pada fiber optik yaitu sebagai pelindung mekanis yang melindungi serat optik dari kerusakan yang dapat terjadi karena lengkungan kabel ataupun gangguan luar lainnya seperti kelembaban udara.
  1. Strengthening (Serat Penguat)

Lapisan terluar berikutnya adalah strengthening atau strength member. Strength member ini terbuat dari bahan serat kain sejenis benang yang sangat banyak dan memiliki ketahanan yang sangat baik.
Fungsi sterng thening adalah sebagai serat yang menguatkan bagian inti kabel sehingga tidak mudah putus.
  1. Jacket Cable (Selongsong Kabel)

Jackert cable atau outer jacket merupakan bagian terluar dari sebuag kabel fiber optik. Fungsi outer jacket ini yaitu sebagai pelindung keseluruhan bagian dalam kabel serat optik dari gangguan luar, serta di dalamnya terdapat tanda pengenal dan terbuat dari bahan PVC.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer